Bangunan Tua

Melihat Bangunan Tua Kuno Di Probolinggo

Kota Probolinggo adalah salah satu kota dengan penuh pelabuhan yang dibangun dan dirancang saat pemerintahan kolonial Belanda. Kota ini pertama kali mendapatkan otonomi dari pemerintahan Belanda sebagai Gementee.

Arti Gemeente serndiri adalah otonomi khusus atau setingkat kota yang terbentuk di tahun 1905 dan saat tahun 1918, terdapat 19 Gemeente yang tersebar di seluruh tanah Jawa. Penetapan Gemeente ini terhadap kota Probolinggo itu sendiri di awali Ind. Staatsbl.

Sebagai kota yang mendapatkan Gementee, banyak dari bangunan tua kuno peninggalan Belanda yang masih berdiri kokoh sampai saat ini. Tentu saja hal ini bagus karena bisa menjadikan bangunan tua tersebut sebagai objek wisata.

Kota Probolinggo sendiri di tinggalkan berbagai bangunan tua seperti penjara, stasiun, masjid dan alun-alun. Apalagi hal yang paling menarik yang bisa terdapat di kota Probolinggo ini adalah dengan nuansa khas Eropa yang bisa di temukan dalam kota Probolinggo.

Pada masa penjajahan Belanda di Probolinggo. Pemerintahan Belanda saat itu ingin mengatur tata ruang bangunan Probolinggo semirip mungkin dengan asal mereka berasal. Hal tersebut dilakukan demi mengobati masa rindu mereka terhadap tanah airnya sendiri.

Baca juga : Keindahan Bangunan Tua Di Kota Cirebon

Berikut beberapa bangunan tua kuno yang ada di Probolinggo

Bangunan tua Komando Distrik Militer 0820

Bangunan tua Komando Distrik Militer 0820

Salah satu bangunan tua kuno yang ada di Probolinggo yang bisa menjadi tempat wisata kunjungan anda. Komando Distrik Militer adalah tempat Burgetmeester atau tempat mayor yang ditunjuk sebagai wakil atas assisten residen.

Museum Dr Saleh

Museum Dr Saleh

Salah satu tempat wisata yang lain yaitu Museum Dr Saleh. Museum ini adalah bekas rumah dari Dr. Moh. Saleh dan juga merupakan tempat rumah sakit pertama yang dirintis oleh beliau. Dr. Saleh adalah ayahanda dari Abdurrahman Saleh juga disebut sebagai pahlawan yang dijadikan nama bandara di Malang. Beliau merupakan aktivis aktif yang saat masa-masa kebangkitan nasional.

Penamaan museum Dr. Saleh merupakan hasil dari upaya beliau atas jasa-jasanya dalam pembangunan pertama rumah sakit di Probolinggo.

Museum Probolinggo

Museum Probolinggo

Museum satu ini telah diresmikan di tanggal 15 Mei 2011. Sebelum di resmikan bangunan tua ini adalah dahulunya merupakan bangunan tua serba guna atau disebut juga bangunan societed gebow harmonie atau dulunya bangunan tua ini digunakan oleh kegiatan priyayi Belanda.

Seiring perkembangan jaman saat ini untuk menjaga kelestarian cagar budaya, akhirnya bangunan tua ini menjadi Museum Probolinggo yang tersimpan berbagai cerita sejarah tentang Gemeente Probolinggo.

Stasiun Probolinggo

stasiun probolinggo

Sesuai dengan namanya tempat ini merupakan tempat pemberhentian kereta api milik PT. KAI. dahulu kala itu tempat stasiun ini berfungsi seagai mengangkut hasil bumi yang ada di Probolinggo. Hasil bumi tersebut adalah gula yang di angkut menuju ke pelabuhan lama untuk diteruskan ke Surabaya.

Leave a Reply