Bangunan Tua

Keindahan Bangunan Tua Di Kota Cirebon

Jika anda yang pernah berkunjung ke kota Cirebon. Jangan sampai anda lewatkan keindahan bangunan tua yang terletak di kota Cirebon ini. Tentu saja bagi anda yang sedang mencari tempat destinasi wisata yang ada di kota Cirebon anda sudah tepat mengunjungi artikel ini sebagai tempat saran dan rencana wisata anda.

Kota Cirebon memiliki pesona dari mulai keindahan alamnya, seni, budaya, kuliner, hingga sejarah yang bisa menjadikan pengalaman anda hebat saat berada di kota Cirebon. Bahkan bisa membuat anda pengen kembali untuk mengunjungi kota Cirebon ini kembali.

Selain itu kota Cirebon memiliki tempat wisata bagi anda yang menyukai sekali untuk berbelanja. Tempat wisata berbelanja yang terdapat di kota Cirebon sudah mencakupi pusat modern seperti sebutan mall dan supermarket. Selain modern ada juga pusat wisata perbelanjaan pasar tradisional yang patut anda kunjungi seperti pasar Kali Tanjung, Pasar Kramat, pasar Kanoman, dan pasar tradisional lainnya.

Tempat wisata lainnya yang patut anda kunjungi di kota Cirebon ini adalah bangunan tua peninggalan bersejarah bekas jajahan Belanda dan Portugis yang terdapat di kota Cirebon ini.

Berikut bangunan tua yang wajib anda kunjungi saat berada di kota Cirebon

Bangunan tua Bank Indonesia Cirebon

Bangunan tua Bank Indonesia Cirebon

Bangunan ini terletak di dekat jalan Yos Sudarso No.5 dan dahulunya bangunan ini merupakan kantor cabang ke 5 dari DJB (De Javasche Bank) yang saat itu dibuka pada tanggal 31 Juli 1866 dengan panggilan Agentschap van De Javasche Bank te Cheribon. Meski begitu gedung tua ini baru beroperasi di tanggal 6 Agustus 1866.

Pada 21 September 1919 gedung tua Bank Indonesia Cirebon ini masuk dalam daftar satu-satunya gedung warisan dari De Javasche Bank yang memiliki satu kubah. Sampai saat ini gedung tua ini masih aktif digunakan oleh Bank Indonesia Cirebon.

Bangunan tua BAT

Bangunan tua BAT

Salah satu bangunan tua yang sudah terpakai oleh perusahaan tersebut. Jika kalian berkunjung ke kota Cirebon jangan sampai anda terlewatkan kunjungan gedung tua ini. Yah, bangunan tua BAT ini terletak dekat di Pasukaten dan sudah ada lama berdiri sejak tahun 1924 atau sebelum Indonesia merdeka.

Jika anda mengunjungi bangunan tua ini pada malam hari anda akan melihat berbagai pedagang yang banyak menjajakan makanan dan minuman hangat di dekat bangunan tersebut. Dan saat siang hari ketika mengunjungi bangunan tua ini banyak yang menggunakan gerobak sebagai tempat berjualan. Hal ini dilakukan agar tempat daerah sekitar bangunan ini tetap steril dan bersih.

Bangunan tua Pos Indonesia Cirebon

Bangunan tua Pos Indonesia Cirebon

Bangunan tua yang satu ini merupakan cagar alam yang terdapat di kota Cirebon. Bangunan ini sudah dibangun sejak tahun 1906 saat masa penjajahan Belanda. Gedung bangunan ini masih terletak di dekat jalan Yos Sudarso No.9 dan masih tetap digunakan menjadi tempat aktivitas pengiriman surat atau di sebut juga kantor pos Indonesia cabang Cirebon.

Bangunan tua ini memiliki keunikan tersendiri. Letak keunikan ada pada bagian depan kantor pos yang ada terdapat sebuah tulisan Belanda yaitu Brievenbus yang artinya kotak surat atau kotak kecil. Konon ada orang berkebangsaan Malaysia yang ingin membuktikan sesuatu terhadap kotak tersebut.

1 Comment

Leave a Reply