Bangunan TuaBlogSejarah

Ini 10 Bangunan Tua Bersejarah Yang Terdapat Di Indonesia

Ini 10 Bangunan Tua Bersejarah Yang Terdapat Di Indonesia

Tahukah kalian semua jika di Indonesia tempat kita tinggali ini terdapat berbagai bagunan tua yang sangat bersejarah. Di Indonesia anda bisa menemukan bangunan tua bersejarah yang bisa menjadi tempat tujuan wisata bagi para wisatawan asing dari internasional dan maupun wisatawan lokal. Berikut ini 10 bangunan tua bersejarah yang terdapat di Indonesia yang telah di rangkup dari Sabang sampai dengan Merauke.

ini 10 bangunan tua bersejarah yang terdapat di Indonesia

Istana Maimun

istana maimun

Bangunan Istana Maimun juga dikenal dengan salah satu bangunan ikon yang terdapat di Sumatera Utara, tepatnya di ibu kotanya Medan. Untuk pendiri bangunan ini adalah Sultan Deli, Sultan Mahmud Al Rasyid lah. Dan untuk desainya sendiri di lakukan oleh seorang arsitek asal kebangsaan Italia. Meski sudah berumur tua bangunan ini tetap menjadi tempat wisata yang terkenal.

Jam Gadang

jam gadang

Menara jam Gadang ini juga sering dikenal oleh masyarakat sekitar dengan sebutan jam besar yang dapat anda kunjungi ketika berada di Bukittinggi, Sumatera Barat. Jam Gadang ini yang menjadi objek wisata kota Bukittinggi pengerjaannya diselesaikan pada tahun 1926.

Jembatan Mahakam

jembatan mahakam

Jembatan ini juga merupakan jembatan yang memiliki sejarah. Jembatan ini dikenal juga sebagai jembatan Mahkota I yang dimana wilayah kecamatan Samarinda Seberang dan kawasan Samarinda kota di hubungkan di atas jalur Sungai Mahakam. Bangunan ini telah di resmikan langsung oleh Presiden Soeharto di Tahun proses pengerjaan ini selesai yaitu tahun 1987.

Gedung Sate

gedung sate

Gedung yang satu ini terletak di dalam kota Bandung, Jawa Barat dan cukup dikenal dengan bagian ornamen khasnya yang bisa dilihat seperti tusuk sate tepat di atas puncaknya. Bangunan yang terlihat tua ini tetap eksis dan masih aktif dalam lingkungan masyarakat juga pemerintahan Jawa Barat.

Masjid Istiqal

masjid istiqal

Masjid yang satu ini merupakan salah satu dari bangunan tua bersejarah yang terletak di Indonesia. Masjid ini juga di sebutkan sebagai masjid terbesar yang ada di Asia Tenggara dan berada di Jakarta. Arsitek yang menuangkan bangunan ini bernama Frederich Silaban

Lawang Sewu

lawang sewu

Bangunan tua satu ini menjadi ikon favorit dari kota Semarang yang cukup menyeramkan juga. Gedung ini memiliki banyak lorong pintu yang juga akhirnya disebutkan sebagai warga dengan menamai gedung Lawang Sewu atau Seribu Pintu. Proses penyelesaian bangunan ini juga disebutkan memakan waktu 3 tahun dari tahun 1904 sampai dengan 1907.

Gereja Blenduk

gereja blenduk

Gereja satu ini dikenal sebagai bangunan di mana masyarakat dari orang asing Belanda yang membangunnya pada tahun 1753. Bangunan ini juga sudah dikenal sebagai gereja tertua yang bertempat di Jawa Tengah. Sampai saat ini gereja ini tetap aktif dan selalu di gunakan untuk ibadah hingga sekarang.

Benteng Vredeburg

benteng vredeburg

 

Bangunan ini terletak di sekitar titik nol Yogyakarta dan sekarang dijadikan sebuah museum. Dahulu, benteng yang dibangun dengan bentuk persegi dengan empat sudut yang memiliki menara pantau ini dijadikan pusat pertahanan dan pemerintahan residen Belanda.

Taman Sari

tamansari

Tempat yang satu ini merupakan bagian dari Keraton Yogyakarta. Biasanya banyak orang membandingkan taman ini dengan Kebun Raya Bogor yang dikenal juga sebagai kebun Istana Bogor. Untuk tampilan desain kebun kerajaan dikabarkan dikerjakan oleh seorang arsitek yang berasal dari Portugis.

Fort Rotterdam

fort rotterdam

Salah satu tempat yang dikenal sebagai Benteng Ujung Pandang yang berlokasi di ibu kota Sulawesi Selatan, Makassar. Tempat ini memang sudah sangat tua, namun setiap letak bagiannya masih terlihat sangat bagus. Maka dari itu tempat ini masuk dalam 10 bangunan bersejarah yang terdapat di Indonesia yang banyak di kunjungi wisatawan.

Leave a Reply