Bangunan Tua

Bangunan Tua Di Banda Aceh Tempat Pertama Bendera Merah Putih Berkibar

Bangunan Tua Di Banda Aceh Tempat Pertama Bendera Merah Putih Berkibar

Kalian pasti belum mengetahui lebih banyak tentang bangunan di banda Aceh yang sangat terkenal. Ternyata selain di Jogja, kota Banda Aceh juga merupakan salah satu bangunan tua yang ada di Indonesia ini. Usia dari kota Banda Aceh sendiri terbilang sangat lama 800 tahun dari jejak sejarah sepanjang kota.

Kota Banda Aceh adalah kota yang dulu merupakan kerajaan Aceh. Kerajaan ini bermula saat masa Sultan johansyah yang mendirikan Aceh Darussalam. Ketika di tanggal 1 Ramadhan 601 H yang bertepatan tanggal 22 April 1205. Disaat tanggal itulah kota Banda Aceh juga di resmikan pada saat tanggal tersebut. Maka jika anda datang ke kota Banda Aceh pasti tidak heran melihat banyaknya bangunan tua yang bisa anda saksikan dan terdapat berbagai sejarah dalam bangunan tersebut.

Bangunan tua ini menjadi tempat pertama kali bendera merah putih berkibar

Gedung Juang

Gedung Juang

bangunan tua satu ini di kenal dengan gedung juang yang terdapat di kota Banda Aceh dan juga tergolong strategis. Bangunan tua ini berada di tengah kota dan bukan hanya di tengah kota saja tetapi bangunan tua Gedung Juang ini juga berada di kawasan komplek Makam Iskandar Muda.

Meski terbilang bangunan tua yang berada di Banda Aceh dan menjadi tempat pertama kali bendera merah putih berkibar. Bangunan tua ini disekitarnya terlihat sangat jauh dari kumpulan hiruk piuk keramaian yang ada. Pernah ada  wartawan yang bolak balik ke sini dan ternyata tempat ini memang sangat sepi. Selain sepi dikabarkan juga kalau bangunan tua ini menjadi tempat fungsi dari sekretariat veteran kelompok di Aceh.

Terlepas di balik itu semua diceritakan dalam sejarah bahwa Gedung Juang merupakan tempat salah satu simbol perjuangan berdirinya republik Indonesia. Bangunan tua ini juga menjadi gedung yang pertama kalinya bendera merah putih berkibar di kota Aceh setelah kemerdekaan Indonesia.

Objek wisata Makam Iskandar Muda yang terletak dekat dengan bangunan tua Gedung Juang

Objek wisata Makam Iskandar Muda yang terletak dekat dengan bangunan tua Gedung Juang

Selain Gedung Juang yang menjadi obyek wisatawan, anda juga bisa sekaligus menikmati bangunan tua seperti Makam Iskandar Muda yang terletak dekat dengan Gedung Juang ini. Ternyata di dekat Gedung Juang terdapat berbagai bangunan tua objek sejarah yang tidak kalah seru.

Anda bisa menemukan komplek makam para raja dan tentu saja makam peristirahatan dari Sultan Iskandar Muda, salah satu kerajaan Aceh yang paling terkenal.

Dalam halamannya yang luas juga bertaburan makam-makam dari para orang keluarga kerajaan yang meninggal. Ada terdapat makam Pocut Rumoh Geuding, Pocut Sri Banun, Sultan Alauddin Muhammad Syah, Sultan Husin Jauhar Alamsyah, Putroe Bineu, Tuanku Husen Pangeran Anom sampai dengan Teungku Chik dan Tuanku Cut Zainal Abidin.

Dengan adanya kehadiran makam-makam ini membuat bangunan tua ini tampak memiliki tingkat sejarah yang sangat tinggi. Tentu saja ini sangat bagus untuk para pengunjung wisatawan yang datang dari berbagai mancanegara.

1 Comment

Leave a Reply