Bangunan Tua

Bangunan Tua Dasaad Musin Concern di Kota Tua

Bangunan Tua Dasaad Musin Concern di Kota Tua

Terdapat gedung bangunan tua yang tak terurus terletak dekat dari depan taman Fatahillah yang hampir terbilang runtuh. Banyak dari kalangan masyarakat yang kurang tahu dari asal muasal gedung ini. Namun di dalam samping gedung ini terdapat tulisan Dasaad Musin Concern.

Tentu saja gedung yang satu ini masuk dalam bangunan tua di kota tua dengan sebutan Dasaad Musin Concern. Yang menjadikan gedung ini tua juga terlihat tua adalah dari penampilan gedung ini yang terlihat masih asli dan terlihat jelas usang dimakan waktu dan nyaris rubuh.

Mengenal lebih jauh bangunan tua Dasaad Musin Concern

Pemilik atas nama gedung Dasaad Musin Concern adalah Agus Musin Dasaad. Lahir di Filipina, 25 Agustus 1905. Pemilik dari bangunan tua ini sudah meninggal dunia pada tanggal 11 November 1970 di usia 65 tahun.

Dulunya dia adalah seorang konglomerat pada waktu jaman awal beridirinya Republik Indonesia ini. Dasaad di kenal juga masyarakat sebagai putra dari seorang pengusaha asal Menggala, Lampung ayahnya dan ibunya berasal dari Filipina.

Keluarga ini merupakan keluarga yang otodidak memulai bisnisnya dari bawah hingga dikenal oleh warga sekitar setelah sukses dalam usahanya. Nama Dasaad Musin Concern sendiri mempunyai nama besar di kalangan luar negeri. Karena usaha Dasaad saat itu adalah pemegang lisensi beberapa merek dagang mobil Eropa dan Jepang. Tidak hanya usaha itu saja, Dasaad juga memiliki pabrik tekstil yang bergerak dengan nama Kancil Mas.

Memasuki tahun 1930-an Dasaad juga memperluas bisnis usahanya dengan masuk ke dalam bagian bisnis perkapalan dan juga bisnis importir alat-alat manufaktur.

Dahulu cerita jaman dulu kala konon bangunan tua ini telah di bangun di abad 17 di tahun 1857. Untuk kondisi saat ini bangunan tua tersebut butuh penanganan dari pemerintah kota agar untuk pelestarian gedung tersebut agar tetap utuh dan tidak rubuh. Harus memulai penataan ulang sesuai dengan gedung aslinya di jaman dulu.

Terdapat gedung Jasindo yang terletak dekat dengan Dasaad Musin Concern

Gedung yang menarik perhatian warga setempat juga yang berdekatan dengan Dasaad Musin Concern adalah gedung Jasindo. Gedung ini salah satu merupakan gedung bangunan tua bekas NV West-Java Handel-Maatschappij (WEVA).

Penataan desain bangunan tua yang unik ini juga di bangun oleh NV Architecten-Ingenieursbureau Hulswit en Fermont te Weltevreden en Ed. atau dengan Cupers te Amsterdam.

Dengan adanya bangunan tua yang perlu dilestarikan diharapkan kawasan kota tua  ini agar dapat dikembangkan sebagai salah satu bentuk pariwisata. Sehingga bisa memajukan perekonomian Indonesia itu sendiri.

1 Comment

  • keren ini bangunan ane pernah lihat dekat daerah rumah ane ternyata ngk nyagka bangunan tua ini ada sejarahnya

Leave a Reply