Sejarah

Bangunan–Bangunan Bersejarah di Surabaya, Bukti Nyata Kota Epik Jawa Timur

Bangunan–Bangunan Bersejarah di Surabaya, Bukti Nyata Kota Epik Jawa Timur

Untuk Anda yang menyukai wisata ke kota tua, biasanya dia akan selalu ingin menikmati berbagai tindakan serta kemakan dari bangunan Tua dimasalalu. Indonesia sendiri sebagai negara yang kaya dengan sejarah tentu memiliki banyak sekali peninggalan bangunan tua yang sudah seharusnya dilestarikan. Salah satu kota yang memiliki banyak peninggalan bangunan bersejarah yaitu kota Surabaya, Jawa timur.

Surabaya sendiri dikenal sebagai kota pahlawan dan memiliki banyak sekali bangunan tua yang menarik. Surabaya dikenal memiliki bangunan Tua yang megah, dengan gaya arsitektur Eropa, Tionghoa, hingga timur tengah dan memiliki nilai sejarah sangat tinggi. Berikut adalah deretan bangunan tua yang ada di kawasan Surabaya.

  1. Gedung De Javasche Bank

Gedung ini sendiri memiliki banyak cerita sejarah perbangkan yang ada di Indonesia. Dibangun tepat pada tahun 1829, kutang ini diubah menjadi gedung bank Indonesia pada 1 Juni 1953. Karena kapasitas begitu nya memang tidak memadai, akhirnya perkantoran bank Indonesia sendiri dipindah ke wilayah yang lain yang masih berada di lingkup tahu ya. Semenjak itu, gedung yang lokasinya berdekatan dengan jembatan merah Plaza tersebut menjadi salah satu Cagar budaya dengan kepemilikan atas nama bank Indonesia serta memiliki fungsi sebagai museum dan juga ruang pameran sampai saat ini.

  • Hotel majapahit

Hotel Majapahit terletak di jalan Tunjungan Surabaya teh merupakan salah satu tahu bersejarah yang menjadi saksi Bisu peristiwa perobekan bendera Belanda dan diubah menjadi bendera Indonesia kalah itu. Hotel ini sendiri saat itu masih bernama hotel Yamato yang dibangun di atas tanah dengan luas 1000 m. Hotel ini banyak dikunjungi karena memang memiliki nilai sejarah Yang besar di dalamnya.

  • Gereja kristen Indonesia

Untuk Anda ingin merasakan sensasi Allah timur tengah, dia bisa mengunjungi gereja Kristen Indonesia yang berada di Surabaya. Kerja ini adalah salah satu peninggalan jaman penjajahan kolonial Belanda. Dibangun tepat pada tahun 1918, gaya arsitektur dari gereja Kristen nya sendiri dipengaruhi oleh desa kolonial Belanda yang berkembang di Surabaya saat itu tepatnya pada tahun 1870 sampai 1920.

  • Gedung Hallo Surabaya

Gedung ini berlokasi di jalan Bubutan Surabaya. Gudang ini dikenal dengan nama gedung halo Surabaya. Dahulu, gedung ini dikenal sebagai rumah sakit Mardi Santosa. Gedung ini didirikan pada November 1951 dan di design dengan gaya arsitektur Eropa. Gedung ini juga menjadi salah satu Cagar budaya yang ada di Surabaya semenjak tahun 2009 lalu.

Itulah tingkatan bangunan tua yang ada di Surabaya yang penuh dengan sejarah di dalamnya. Anda bisa mengunjungi beberapa wilayah tersebut untuk menikmati wisata serta mempelajari sejarah secara bersamaan.