Bangunan TuaBlogSejarah

7 Bangunan Kota Tua Yang Berpengaruh Dalam Sejarah Indonesia

7 Bangunan Kota Tua Yang Berpengaruh Dalam Sejarah Indonesia

Saat masa lalu dahulu kala, Indonesia memiliki banyak peran besar dalam terbentuknya sejarah di dalam dunia ini. Banyak dari kerajaan yang memiliki bangunan kota sebagai masa pusat pemerintahannya.

Kota yang telah di didirkan oleh pemerintahan ini bertahan hingga ribuan tahun lamanya meski raja yang mendirikannya sudah tiada. Bahkan bisa dibilang kerajaannya sudah hancur sekalipun. Atau bisa anda lihat bangunan yang di dirikan sudah hancur dan menyisakan puing-puing reruntuhan berupa candi dan prasasti.

Berikut ini ada 7 bangunan kota tua yang berpengaruh dalam sejarah masa lalu yang masih bisa anda temukan hingga sekarang di Indonesia ini. Dahulu kota-kota yang merupakan menjadi bagian dalam kota kerajaan berubah menjadi kota modern dengan peradabannya yang baru.

Ini dia 7 bangunan kota tua yang berpengaruh dalam sejarah Indonesia

 

Palembang (Tahun 1332)

palembang

Pada abad ke-7 Palembang di bangun pertama kalo sebagai cikal bakal kerajaan Buddha terbesar di Asia Tenggara bernama Sriwijaya. Kerajaan ini terus berkembang dan terus berjaya hingga memasuki kejayaan sekitar abad ke-9 masehi. Saat ini kota Palembang menjelma menjadi kota metropolitan dan menjadi ibu kota provinsi Sumatera Selatan.

Pada masa lalu dari kota ini, Palembang mendapat julukan sebagai sebutan Venice of the East atau di sebut kota Venesia dari Barat. Perkiraan semakin kedepan kota Palembang ini akan mendapatkan peningkatan penduduk sekitar 2,5 juta jiwa. Kota ini ditetapkan sebagai bangunan kota paling tua di Indonesia sampai sekarang dan akan diprediksi terus berkembang.

Malang (Tahun 1255)

malang candi singasari

Bangunan kota tua ke 2 dalam Indonesia ada dari kota Malang. Dulunya daerah ini merupakan kekuasaan tangan Singasari meski berada dalam di kerajaan Kediri. Setelah Ken Arok berkuasa akhirnya kota kerajaan di pindahkan ke Malang dan masih bertahap sampai sekarang.

Peradaban bangunan kota Malang mungkin telah berubah dengan drastis. Namun sisa-sisa kejayaan di masa lalu masih terukir di beberapa candi seperti Candi Singasari, Candi Kidal, dan Candi Jago. Saat masa penjajahan Belanda, Malang digunakan juga sebagai kota tempat pertukaran dagang dan tempat masa pejuang yang melakukan perlawanan di bawah pimpinan Trunojoyo.

Kediri (Tahun 1136)

kediri

Kediri adalah kota terbesar ketiga di Jawa Timur dan juga kota tertua ketiga di Indonesia yang masih bertahan sampai sekarang. Dahulunya kediri merupakan sebuah pusat Kerajaan Kadiri yang banyak menguasai daerah Jawa Timur termasuk Kerajaan Singasari. Namut seiring berjalan waktu kerajaan ini melemah hingga akhirnya kandas dan berganti kerajaan Majapahit, Mataram dan Demak.

Saat ini Keidiri telah menjelma menjadi pusat perdagangan di Jawa Timur. Sisa-sisa kerajaan bisa terlihat dari beberapa prasasti dan candi yang terletak di sekitaran Kediri. Meski telah habis kejayaannya, kita tak bisa menyangkal kehebatan kerajaan Kediri di masa lalu yang mampu menguasai hampir semua wilayah di Jawa Timur.

Magelang (Tahun 1108)

magelang

Magelang merupakan kota salah satu yang terbilang besar yang ada di Jawa Tengah. Di masa lalu kota ini biasanya adalah gabungan dari 2 desa. Pertama datang dari desa Mantyasih dan desa kedua datang dari desa Glangglang. Pada akhirnya ke 2 desa ini bersatu dan jadilan Magelang.

Nganjuk (Tahun 1078)

nganjuk

Nganjuk merupakan kota kabupaten yang didirikan antara tahun 859 Caka atau 937, Masehi. Dulu jauh itu kota ini di juluki Anjuk Ladang atau dalam sebutan Jawa Kuno disebut juga dengan arti Tanah Kemenangan. Memasuki abad ke-19 daerah ini dipimpin oleh penguasa Kasunanan Surakarta dan ada juga para penjajah Belanda.

Tulungagung (Tahun 810)

tulungagung

Tulungagung merupakan daerah sentra yang merupakan penghasil bahan marmer terbesar di asia Jawa Timur atau di Indonesia. Daerah Tulungagung juga merupakan kota tertua yang masih bisa ada hingga saat ini. Dalam pemberitaan indonesia tercatat ada dalam Prasasti Lawadan jika kota ini ditemukan berdiri pada tahun 1205 mendasarkan lewat penghargaan Raja Kertajaya dalam masyarakat Thani Lawadan yang membantu dalam pengurusan melawan musuh timur Daha.

Surabaya (Tahun 722)

surabaya

Kota paling tertua dalam daftar sejarah bangunan kota tua ini. Surabaya merupakan kota terbesar ke 2 di Indonesia dan adalah kota provinsi Jawa Timur. Awal dari kota ini memiliki sejarah panjang sejak berdiri di bawah kerajaan Majapahit. Seiring berjalan waktu kota ini yang dulu merupakan kerajaan runtuh dan berpindah menjadi kerajaan penganut agama islam dan dulu juga dikuasai oleh penjajahan Belanda.

Leave a Reply